Kamis, 21 Mei 2009

APA SICH INDUSTRI KREATIF ITU ?

Bicara soal Indonesia kreatif, berarti kita harus paham soal perkembangan industri kreatif di Indonesia dunk. Tapi, apaan sich industri kreatif itu? Pada dasarnya industri kreatif adalah industri yang bermuara pada intelektualitas, ide, dan gagasannya yang orisinal lantas merealisasikannya berdasarkan pemikiran serta rasa dari lubuk hati yang paling dalam sebagai insan kreatif yang ingin memajukan industri di tanah airnya.


Eh, ternyata industri kreatif itu buanyak banget lho macamnya. Industri kreatif itu terdiri dari 14 sektor industri berikut:
PERIKLANAN
Kegiatan kreatif yang berkaitan dengan produksi iklan, produksi material iklan, termasuk tampilan iklan di media cetak dan elektronik
FILM/VIDEO dan FOTOGRAFI
Semua kegiatan kreatif yang berkaitan dengan jasa fotografi, produksi film (termasuk penulisan skenario, sinematografi, dan lain-lain).
MUSIK
Semua aktivitas yang menyangkut proses produksi album lagu, rekaman suara, komposisi musik termasuk pertunjukan musik.
ARSITEKTUR
Termasuk di dalamnya segala sesuatu yang berkaitan dengan tatakota, arsitektur taman, konstruksi bangunan, dan lain-lain.
PASAR SENI dan BARANG ANTIK
Sektor ini biasanya berkaitan dengan pengerjaan maupun perdagangan produk-produk antik termasuk di dalamnya hiasan.
KERAJINAN
Sektor industri ini berkaitan dengan distribusi produk-produk kerajinan (aksesori, emas, kayu, kaca, porselen,dan lain-lain)
DESAIN
Sektor industri ini mencakup bidang desain grafis, interior, desain produk. logo, branding, dan lain-lain.
DESAIN FASHION
Termasuk di dalamnya aktivitas yang berkaitan dengan kreasi desain pakaian, aksesori, produksi pakaian, dan lain-lain
PERMAINAN INTERAKTIF
Termasuk di dalamnya adalah termasuk proses produksi maupun distribusi game online atau video yang bersifat edukatif.
SENI PERTUNJUKAN
Termasuk di dalamnya adalah kegiatan kreatif seperti pertunjukan tarian tradisional, kontemporer, drama, musik tradisional, teater, opera, dan lain-lain.
PENERBITAN dan PERCETAKAN
Sektor industri ini meliputi kegiatan yang berkaitan dengan penulisan atau penerbitan buku, majalah, koran, tabloid, portal, dan lain-lain.
LAYANAN KOMPUTER dan PIRANTI LUNAK
Berkaitan dengan pengembangan teknologi informasi termasuk pengembangan software, desain arsitektur peranti lunak, web design, dan lain-lain.
TELEVISI dan RADIO
Termasuk di dalamnya adalah produksi dan penyiaran serta transmisi televisi dan radio.
RISET dan PENGEMBANGAN
Sektor industri ini berkaitan dengan aktivitas untuk menemukan inovasi baru, metode baru, atau teknologi baru yang bisa menjadi solusi.
Wah, banyak juga yach macemnya. Itu berarti semakin berkembang industri kreatif di Indonesia, maka semakin banyak pula lapangan pekerjaan yang terbuka untuk masyarakat Indonesia. Industri kreatif memang tidak akan pernah mati… (11 Juni 2008)

Sumber :

Agus MU
http://duniaanda.com/apa-aja-sich-industri-kreatif-itu.htm
22 Maei 2009

Tidak ada komentar:

Posting Komentar