Kamis, 21 Mei 2009

Kemenkop - Depdag Kerjasama Dorong Industri Kreatif


Kementerian Negara Koperasi dan UKM akan segera bekerjasama dengan Departemen Perdagangan untuk mendorong perkembangan industri kreatif di Indonesia.


"Nanti akan ada pertemuan antara kami dengan Depdag untuk bekerja sama mendorong industri kreatif agar lebih terarah perkembangannya," kata Deputi Menteri Negara Koperasi dan UKM Bidang Pengembangan dan Restrukturisasi Usaha, Chairul Djamhari di jakarta, Selasa.

Dia mengatakan, pihaknya bersama Depdag telah sepakat sebelumnya untuk mengaplikasikan road map industri kreaul Kedua instansi akan berbagi tugas untuk mendorong perkembangan industri yang terbukti mampu menyumbangkan PDB besar terhadap perekonomian di Tanah Air. "Kta ingin bersama-sama mengaplikasikan road map industri kreatif yang sudah ada," katanya.

Pihaknya akan menginventarisasi persoalan-persoalan yang menghambat pertumbuhan industri kreatif yang hampir sebagian besar di antaranya berbasis UMKM. "Kami akan bantu, kalau ada yang membutuhkan peningkatan kemampuan teknis kami akan upayakan pemberian training, kalau ada yang perlu legitimasi dan standarisasi kami akan fasilitasi, katanya. Selain itu, katanya, bila ada pelaku industri kreatif yang memerlukan pendanaan tetapi belum mampu mengakses lembaga keuangan maka pihaknya akan menuntun dan memfasilitasi. Jika pelaku industri kreatif menginginkan produk-produknya dipamerkan sebagai bentuk perluasan pasar, pihaknya juga akan membantu penyelenggaraan pameran.

Sebelumnya pemerintah bertekad menjadikan 2009 sebagai tahun industri kreatif yang diyakini mampu menggerakan sektor riil di tengah ancaman lambatnya perekonomian global. Industri kreatif merupakan industri yang berasal dari pemanfaatan kreativitas, keterampilan, serta bakat individu untuk menciptakan kesejahteraan serta lapangan kerja dengan menghasilkan dan mengeksploitasi daya kreasi dan daya cipta industri tersebut.

Sebanyak 14 subsektor industri kreatif telah ditetapkan yaitu industri periklanan, arsitektur, pasar seni dan barang antik, kerajinan, disain, fashion, video film dan fotografi, permainan interaktif, musik, seni pertunjukan, penerbitan dan percetakan, layanan komputer dan piranti lunak, televisi dan radio, serta riset dan pengembangan. Pemerintah berharap industri kreatif pada 2009 tumbuh lebih tinggi dari pertumbuhan ekonomi yang diharapkan sekitar 6 %. Industri tersebut 2008 mampu menghasilkan nilai ekonomi hingga RplOO triliun dengan pertumbuhan

Sumber :

http://www.depkop.go.id/berita/media-massa/kemenkop-depdag-kerjasama-dorong-industri-kreatif.html.
22 Mei 2009

Sumber Gambar:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar